PENGARUH MOTIVASI BELAJAR CHOUKAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA SASTRA JEPANG SEMESTER IV STBA JIA

APRIYANI, RIRIN (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR CHOUKAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA SASTRA JEPANG SEMESTER IV STBA JIA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.

[img] Text
S1-2016-04313152113044-ABSTRAKSI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
S1-2016-04313152113044-BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
S1-2016-04313152113044-BAB 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
S1-2016-04313152113044-COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
S1-2016-04313152113044-DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
S1-2016-04313152113044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
S1-2016-04313152113044-SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam era globalisasi ini keterampilan berbahasa asing merupakan kebutuhan penting yang harus dikuasai, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Dalam hal ini Jepang sangat berperan penting dalam kemajuan pendidikan dan teknologi di Indonesia. Oleh sebab itu banyak masyrakat yang mempelajari bahasa Jepang. Dalam mempelajari bahasa ada empat komponen keterampilan yang harus dikuasai, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam penelitian ini penulis mengambil tema motivasi belajar choukai terhadap kemampuan menyimak. Motivasi belajar menjadi modal utama dalam belajar, terutama dalam mempelajari mata kuliah choukai. Choukai memiliki arti sama dengan menyimak, yaitu mendengar, memahami, dan mengerti apa yang dilihat, didengar, atau dibaca. Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk membuktikan adakahpengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menyimak, sedangkan manfaat penelitian ini yaitu diharapkan agar dapat memahami kaidah-kaidah umum kegiatan menyimak dan agar mahasiswa terdapat lebih termotivasi dalam mempelajari mata kuliah choukai. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif pada motivasi belajar choukai terhadap kemampuan menyimak sebesar 95%, dengan taraf signifikan sebesar 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIMEmail
APRIYANI, RIRINNIM043131.52113.044UNSPECIFIED
contributors:
ContributionContributionsNIDN/NIDKEmail
Advisor 1Puteri, Yusnida EkaNIDN0412067304UNSPECIFIED
Advisor 2Kurnia, AhmadNIDN0426026902UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, choukai, menyimak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Ilmu Linguistik
Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang
Divisions: Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Iwan Kurniawan, S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:58
Last Modified: 26 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item