PENERAPAN TEKNIK ASOSIASI GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 BEKASI

KURNIAWATI, DIAN RESTI (2022) PENERAPAN TEKNIK ASOSIASI GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 BEKASI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.

[img] Text
S1-2022-43131520180025-ABSTRAKSI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
S1-2022-43131520180025-BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
S1-2022-43131520180025-BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
S1-2022-43131520180025-DAFTAR ACUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
S1-2022-43131520180025-DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
S1-2022-43131520180025-LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
S1-2022-43131520180025-SAMPUL.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan Teknik Asosiasi Gambar pada penguasaan huruf hiragana siswa kelas 11 IPS SMA Negeri 14 Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan teknik asosiasi dalam penguasaan huruf hiragana dasar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran huruf hiragana dasar dengan teknik asosiasi gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri atas pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Tahapan penelitian tindakan kelas terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas 11 IPS 4 SMA Negeri 14 tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi keaktifan belajar, dan tes hasil belajar. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penguasaan hiragana siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor kelas berdasarkan hasil tes formatif yaitu pada fase awal sebelum tindakan ratarata kelas untuk penguasaan hiragana adalah, pada akhir siklus I meningkat menjadi 67,69, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,86. Pada akhir siklus III terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 77,08. Sedangkan dari hasil angket diketahui responden merespon dengan positif terhadap penerapan Teknik Asosiasi Gambar pada mata pelajaran bahasa Jepang lintas minat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Asosiasi Gambar telah meningkatkan kemampuan penguasaan huruf hiragana pada siswa kelas 11 IPS 4 SMA Negeri 14 Bekasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIMEmail
KURNIAWATI, DIAN RESTINIM43131520180025UNSPECIFIED
contributors:
ContributionContributionsNIDN/NIDKEmail
Pembimbing 1Syarani, Rosi NovisaNIDN0422109002rosi.ns@stba-jia.ac.id
Pembimbing 2Sunarni, AniNIDN0418098202ani.s@stba-jia.ac.id
Uncontrolled Keywords: hiragana, asosiasi gambar, action research.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Ilmu Linguistik
Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang
Divisions: Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Iwan Kurniawan, S.Sos.
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:05
Last Modified: 15 Nov 2022 03:05
URI: http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item