KEIRETSU SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN DALAM DUNIA MANUFACTURING JEPANG

MUNAWAROH, WAKHIDATUL (2021) KEIRETSU SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN DALAM DUNIA MANUFACTURING JEPANG. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.

[img] Text
S1 - 2021 - 43131.52520.0002 - ABSTRAKSI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
S1 - 2021 - 43131.52520.0002 - BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
S1 - 2021 - 43131.52520.0002 - BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
S1 - 2021 - 43131.52520.0002 - COVER.pdf

Download (144kB)
[img] Text
S1 - 2021 - 43131.52520.0002 - DAFTAR ACUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
S1 - 2021 - 43131.52520.0002 - DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
S1 - 2021 - 43131.52520.0002 - FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Keiretsu Sebagai Strategi Manajemen Dalam Dunia Manufacturing Jepang”. Penelitian ini membahas mengenai sistem unik dari bisnis Jepang yaitu keiretsu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana keiretsu sebagai strategi manajemen dalam dunia manufacturing Jepang serta dampak dari keiretsu dalam dunia manufacturing Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keiretsu merupakan sistem gabungan perusahaaan yang terdiri dari bank besar sebagai mobilisasi dana dan memiliki ratusan perusahaan di dalamnya, keiretsu muncul setelah Perang dunia ke II dengan nama sebelumnya yaitu zaibatsu. Keiretsu dibagi menjadi dua yaitu keiretsu horizontal dan keiretsu vertikal yang terdiri dari the big six yaitu Mitsubishi, Mitsui, Sumitomo, Fuyo, Sanwa, dan Dai-Ichi Kangyo Bank. Dalam penelitian ini digunakan 3 contoh perusahaan sebagai case dari penelitian yaitu Toyota, Mitsubishi Heavy Industries, dan Nissan sebagai lead vertikal pada masing masing grup keiretsu dengan membahas strategi manajemen keiretsu dari alur produksi hingga distribusi dalam perusahaan, sogo shosha dan keiretsu lebih banyak memberikan dampak positif termasuk dalam bidang ekonomi, serta perluasan pangsa pasar baik domestik maupun internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIMEmail
MUNAWAROH, WAKHIDATULNIM43131525200002UNSPECIFIED
contributors:
ContributionContributionsNIDN/NIDKEmail
Pembimbing 1Hamidah, AamNIDN0420087003aam.h@stba-jia.ac.id
Pembimbing 2Isnaini, Siti NurNIDN0431088305siti.ni@stba-jia.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keiretsu, Manajemen, Manufacture
Subjects: Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang
Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Budaya/Kebudayaan
Bahasa dan Sastra > Budaya/Kebudayaan
Divisions: Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Iwan Kurniawan, S.Sos.
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:55
Last Modified: 14 Mar 2022 06:55
URI: http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item