ROBBANI, MUHAMMAD JUNDI (2018) ANALISIS PROSEDUR PENERJEMAHAN DAN PENYESUAIAN IRAMA PADA LIRIK LAGU ANIME ERA 1990’AN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.
Text
S1-2018-43131520141025-FULL.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penerjemahan lagu tentu berbeda dengan yang dilakukan pada penerjemahan teks biasa, menerjemahkan lagu memerlukan banyak pertimbangan mulai dari pemilihan kata, ungkapan, prosedur penerjemahan hingga bagaimana lagu yang diterjemahkan tersebut bisa dinyanyikan dengan irama yang sama dengan lagu asli. Penelitian ini akan membahas bagaimana melakukan penerjemahan dari lagu bahasa Jepang (BSa) ke dalam bahasa Indonesia (BSu) dan bagaimana menyesuaikan penggunaan ketukan nada antara lagu BSu dan BSa sehingga dapat dinyanyikan dengan ketukan nada yang sama. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini tidak lain untuk memahami bagaimana menerjemahkan syair-syair pada lagu berbahasa Jepang dan menyesuaikan irama nadanya ke bahasa Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dalam menganalisis data, peneliti menganalisis pada lirik lagu yang terdapat prosedur penerjemahan pada terjemahannya. Hasil yang diperoleh yaitu bahwa prosedur penerjemahan dalam terjemahan lirik lagu anime era 1990’an banyak menerapkan prosedur penerjemahan, prosedur penerjemahan ini sesuai dengan pengertian dari Newmark.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerjemahan, Prosedur Penerjemahan, Lagu, Anime | ||||||||||||
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Ilmu Linguistik Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang |
||||||||||||
Divisions: | Program Studi Sastra Jepang | ||||||||||||
Depositing User: | Iwan Kurniawan, S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 May 2022 06:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2024 06:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/515 |
Actions (login required)
View Item |