PUSPITA, MELISA (2018) TINJAUAN PERILAKU KONSUMERISME ENJOKŌSAI PADA REMAJA JEPANG KONTEMPORER. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.
Text
S1-2018-43131520144081-FULL.pdf Download (8MB) |
Abstract
Konsumerisme merupakan paham atau ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok melakukan dan menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barangbarang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Hal tersebut menjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk. Dari perilaku tersebut muncullah sebuah fenomena enjokōsai yang terjadi pada remaja Jepang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi perilaku konsumerisme enjokōsai. Metode penelitian ini bersifat deskriptif. Selain itu, peneliti menggunakan teori konsumerisme, masyarakat konsumsi, perilaku konsumsi, serta globalisasi menurut beberapa ahli seperti Sassateli dan Baudrillard. Hasil penelitian ini adalah para remaja putri dalam masyarakat Jepang kontemporer telah menjadikan praktik enjokōsai sebagai salah satu sumber daya finansial untuk menghadapi nilai-nilai konsumerisme, sehingga gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi perilaku konsumerisme enjokōsai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konsumerisme, Enjokousai, Globalisasi | ||||||||||||
Subjects: | Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Budaya/Kebudayaan Bahasa dan Sastra > Budaya/Kebudayaan |
||||||||||||
Divisions: | Program Studi Sastra Jepang | ||||||||||||
Depositing User: | Iwan Kurniawan, S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 May 2022 02:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2024 06:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/514 |
Actions (login required)
View Item |