UTAMI, SEPTINA LINGGA (2017) FENOMENA JISATSU PADA MASYARAKAT JEPANG SAAT INI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.
Text
S1-2017-43131520134091-FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Negara Jepang merupakan negara maju yang tidak terlepas dari berbagai masalah sosial. Di tengah kemajuan teknologi dan perekonomian Jepang memiliki berbagai masalah sosial layaknya di Indonesia. Salah satu masalah sosial yang sudah menjadi pusat perhatian dunia adalah bunuh diri atau disebut dengan Jisatsu. Menurut badan kepolisian Jepang atau yang disebut dengan NPA, Jumlah kasus bunuh diri 2016 adalah 21.764 orang, telah mengalami penurunan sebanyak 2 ribu dari 24.025 orang pada tahun 2015. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat Jepang melakukan Jisatsu dan upaya pemerintah dalam menyikapi masalah Jisatsu pada tahun 2015 sampai 2017. Metode penelitian ini bersifat deskriptif. Selain itu penulis menggunakan teori strategi oleh Nickols. Hasil penelitian adalah faktor penyebab masyarakat Jepang melakukan Jisatsu karena masalah jam kerja yang panjang, Ijime, masalah ekonomi. Kemudian upaya pemerintah dalam dalam menyikapi masalah Jisatsu yaitu difokuskan untuk mengurangi tingkat depresi yang mengakibatkan tindakan bunuh diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Jisatsu, Fenomena, Strategi | ||||||||||||
Subjects: | Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Budaya/Kebudayaan Bahasa dan Sastra > Budaya/Kebudayaan |
||||||||||||
Divisions: | Program Studi Sastra Jepang | ||||||||||||
Depositing User: | Iwan Kurniawan, S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 May 2022 02:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 May 2022 02:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/635 |
Actions (login required)
View Item |