ANALISIS PENGGUNAAN KATA AHO DALAM DIALEK OSAKA PADA ANIMASI LOVELY COMPLEX

NURMELASARI, NURMELASARI (2017) ANALISIS PENGGUNAAN KATA AHO DALAM DIALEK OSAKA PADA ANIMASI LOVELY COMPLEX. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.

[img] Text
S1-2017-4313152121018-FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam bahasa Jepang kata celaan banyak sekali ragamnya. Diantaranya kata aho yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu, bodoh. Dalam masyarakat Jepang pada umumnya, kata aho memiliki arti yang negatif. Akan tetapi, dalam masyarakat Kansai seperti pada dialek Osaka, kata aho memiliki arti yang cenderung positif dan tidak menimbulkan konflik yang serius antara penutur dan petutur pada saat penggunaannya.Untuk mengetahui penggunaan kata aho yang memiliki makna beragam dilihat dari konteksnya, peneliti menggunakan teori tindak tutur yang termasuk kajian pragmatik untuk meneliti penggunaan kata aho yang terdapat pada animasi Lovely Complex. Animasi tersebut menggunakan dialek Osaka sebagai alat komunikasinya. Berdasarkan hasil penelitian, kata aho memiliki penggunaan yang terdapat pada tiga tindak tutur ilokusi yakni, ilokusi asertif (menyangkal, mengeluh, menyatakan, menyombongkan diri, dan membual), ilokusi deklaratif (perintah, memberi nasehat), dan ilokusi ekspresif (menyalahkan, memuji/terkesan, mengejek/meremehkan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIMEmail
NURMELASARI, NURMELASARINIM4313152121018UNSPECIFIED
contributors:
ContributionContributionsNIDN/NIDKEmail
Pembimbing 1Wungkana, Rainhard Oliver HoftmanNIDN0401028102rainhard.ohw@stba-jia.ac.id
Pembimbing 2Hamidah, AamNIDN0420087003aam.h@stba-jia.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata Aho, Dialek Osaka, Tindak Tutur.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Ilmu Linguistik
Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang
Divisions: Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Iwan Kurniawan, S.Sos.
Date Deposited: 25 May 2022 03:54
Last Modified: 14 May 2024 03:32
URI: http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item