ANALISIS JUKUGO KANJI BUSHU YAMAIDARE(疒) YANG MENUNJUKKAN JENIS PENYAKIT

KUSUMAWARDANI, DIANA (2017) ANALISIS JUKUGO KANJI BUSHU YAMAIDARE(疒) YANG MENUNJUKKAN JENIS PENYAKIT. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.

[img] Text
S1-2017-43131520134067-FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Kanji adalah lambang tulisan gambar yang telah ditemukan sejak 3500 tahun lalu dan telah digunakan sampai saat ini, berupa karakter-karakter huruf bergambar. Karakter kanji yang tertua adalah karakter coretan yang telah ditemukan sejak jaman dinasti Yin (sekitar abad 11-14 sebelum masehi) yaitu berupa bentuk-bentuk coretan gambar pada tulang-belulang. Makna dari huruf kanji yamaidare (疒) itu sendiri, diartikan “penyakit”. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui makna penggabungan kanji serta jenis-jenis penyakit yang terbentuk dari bushu kanji yamaidare (疒). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menganalisis 39 data kanji gabungan dengan bushu yamaidare yang diambil dari Kamus Kanji Modern Andrew N Nelson. Dari analisis ini diperoleh 24 kanji gabungan dengan bushu yamaidare memiliki makna penyakit dan 15 kanji gabungan yang tidak memiliki makna penyakit, akan tetapi memiliki hubungannya dengan penyakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIMEmail
KUSUMAWARDANI, DIANANIM43131520134067UNSPECIFIED
contributors:
ContributionContributionsNIDN/NIDKEmail
Pembimbing 1Wungkana, Rainhard Oliver HoftmanNIDN0401028102rainhard.ohw@stba-jia.ac.id
Pembimbing 2Arianto, AnggiariniNIDN0415018401anggiarini.a@stba-jia.ac.id
Uncontrolled Keywords: Ideografi, Kanji, Yamaidare
Subjects: Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Ilmu Linguistik
Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang
Divisions: Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Iwan Kurniawan, S.Sos.
Date Deposited: 25 May 2022 02:39
Last Modified: 25 May 2022 02:39
URI: http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item