EFEKTIVITAS MEDIA ANIME TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG (PADA JAPANESE CLUB SMAN 4 TAMBUN SELATAN)

KHANIFAH, ELYSA NUR (2019) EFEKTIVITAS MEDIA ANIME TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG (PADA JAPANESE CLUB SMAN 4 TAMBUN SELATAN). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.

[img] Text
S1 - 2019 - 43131.52015.0047 - ABSTRAKSI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
S1 - 2019 - 43131.52015.0047 - ACUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
S1 - 2019 - 43131.52015.0047 - COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
S1 - 2019 - 43131.52015.0047 - DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
S1 - 2019 - 43131.52025.0047 - V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
S1 - 2019 -43131.52015.0047 - I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
S1 - 2019 - 43131.52015.0047 - FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hal yang dapat menarik minat belajar dalam pembelajaran adalah pemakaian media pembelajaran yang tepat. Selain dapat menarik minat belajar, pemakaian media pembelajaran juga dapat menghilangkan kebosanan pada pembelajar, memperjelas pemahaman materi dan kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada pendidik pun dapat disederhanakan dengan bantuan media. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan sebuah media film yaitu media anime yang berjudul Yuru Camp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media anime terhadap peningkatan kosakata pada responden yaitu anggota Japanese Club SMAN 4 Tambun Selatan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quota sampling, maka sampel dipilih sebanyak 30 orang. Penelitian ini bernama penelitian Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest dan Posttest. Setelah melakukan pretest dan posttest, peneliti menghitung hasil yang telah didapat menggunakan rumus t-test. Setelah dihitung menggunakan software SPSS, hasil nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan adalah 70, sedangkan setelah diberi perlakuan hasil nilai rata-ratanya adalah 80,3, kemudian apabila dihitung dengan rumus t-test maka adalah t hitung adalah 7,898 dan t tabel sebesar 1,699. Dengan kata lain hasil dari t hitung lebih besar dibandingkan dengan hasil t tabel . Oleh karena itu media anime efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang (pada Japanese Club SMAN 4 Tambun Selatan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIMEmail
KHANIFAH, ELYSA NURNIM43131520150047UNSPECIFIED
contributors:
ContributionContributionsNIDN/NIDKEmail
Pembimbing 1Wungkana, Rainhard Oliver HoftmanNIDN0401028102rainhard.ohw@stba-jia.ac.id
Pembimbing 2Kurnia, AhmadNIDN0426026902ahmad.k@stba-jia.ac.id
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Anime, Kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Program Studi Bahasa Asing > Ilmu Linguistik
Bahasa dan Sastra > ILMU BAHASA ASING > Sastra (dan Bahasa) Jepang
Divisions: Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Iwan Kurniawan, S.Sos.
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:03
Last Modified: 31 Mar 2022 04:03
URI: http://repository.stba-jia.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item